Jumat, 09 Desember 2016

Toko Buku Apung Ini Selalu Diburu Turis Dunia, Ini Sebabnya

Toko Buku Apung Ini Selalu Diburu Turis Dunia, Ini Sebabnya
Toko Buku Apung Ini Selalu Diburu Turis Dunia, Ini Sebabnya
Kota Venesia memang tak pernah kehilangan daya tarik untuk selalu diperbincangkan. Kota air yang terletak di Italia ini memiliki tata bangunan dan infrastruktur yang unik sehingga dijuluki sebagai 'Kota Terapung'.

Toko buku Libreria Acqua Alta misalnya, yang didirikan di atas sungai. Jadi, kalau kamu membuka pintu akan dihadapkan langsung dengan air di bawahnya. Menarik sekali bukan?

Namun sayangnya, saat musim dingin tiba kota Venesia akan digenangi banjir. Genangan air ini dikenal dengan sebutan acqua alta yang disebabkan oleh gelombang tinggi di laut Adriatik Utara.

Air biasanya hanya akan menggenang selama tiga sampai empat jam. Menunggu air mengalir ke kanal-kanal dan mereda di dalam bangunan dengan sendirinya.

Sedangkan Libreria Acqua Alta menyelesaikan masalah ini dengan cara yang tak biasa. Perpustakaan ini secara harfiah memang berarti 'perpustakaan air tinggi'. Dimana pemilik toko membuat penanggulangan banjir dengan menata buku di dalam bathup, kapal dan gondola.

Sehingga saat serangan air datang, arus kanal naik dan toko dibanjiri dengan air, buku-buku terhindar dari basah dan ruangan penyimpanan khusus ini membantu buku tetap kering.

Toko buku ini didirikan oleh Luigi Frizzio pada tahun 2004, dan langsung menjadi daya tarik turis untuk melihatnya. Selain suasana yang sedemikian unik, Libreria Acqua Alta juga menyediakan buku-buku baru dan bekas, yang diduga menjadi magnet utama untuk menjadikannya sangat terkenal.

Tak hanya itu, ternyata tidak semua buku-buku di sini dapat dibeli. Seperti misalnya ensiklopedia edisi lama. Sedangkan beberapa jilid buku tebal yang tidak ada peminatnya telah berubah menjadi properti dan potongan dekorasi.

Mereka didesain dengan sangat bagus bersama sekumpulan kotak-kotak tua yang terkena air dan garam. Ditambah dengan penutup dinding berwarna-warni yang melapisi tembok hingga langit-langit.

Selain gondola, yang menjadikan toko ini sangat ikonik adalah fire exit yang dimanfaatkan untuk mengangkut pengunjung langsung ke kanal. Nah, buat kamu yang tertarik mengunjungi silahkan langsung datang ke Calle Lunga Santa Maria Formosa 5176/B di daerah Castello Venesia.

Baca juga :

0 comments:

Posting Komentar