Senin, 24 Oktober 2016

Air Terjun Cunca Rami dan Situs ''Hobbit'' di Labuan Bajo

Air Terjun Cunca Rami dan Situs ''Hobbit'' di Labuan Bajo
Air Terjun Cunca Rami dan Situs ''Hobbit'' di Labuan Bajo
Masuk lebih dalam di Pulau Flores ada dunia lain yang bisa Anda temui selain Taman Komodo yang menjadi ikon NTT. Gunung berapi dengan danau kawah dan lembah subur, situs arkeologi, serta air terjun cantik yang tidak boleh Anda lewatkan.

Pada 2004, para ilmuwan menggali sebuah gua dekat Liang Bua, 115 kilometer di timur Labuan Bajo. Mereka menemukan sisa-sisa kerangka makhluk setinggi 150cm seperti “hobbit” yang dikenal sebagai Homo floresiensis.

Mereka tinggal di pulau tersebut sekitar 20.000 tahun yang lalu dan dianggap sebagai spesies manusia yang telah punah. Sekitar 45 kilometer berkendara ke tenggara dari Labuan Bajo, Air Terjun Cunca Rami dapat menunjukkan pemandangan dramatis di Flores.

Dikutip dari CNN, Rabu (12/10/2016), jalan mengular menuju bukit berhutan lebat dan kendaraan yang membawa pelancong akan berhenti di Werang. Dari sana, jalur menantang membuat pelancong harus mendaki untuk sampai ke air terjun.

Trekking menuju air terjun melalui trek licin menuruni lereng yang sangat curam serta melintasi beberapa sungai dan sawah yang tergenang air. Setelah satu jam, Anda akan mencapai tanah terbuka di hutan di mana Air Terjun Cunca Rami setinggi 17 meter dibubuhi sarang walet.

Air terjun tersebut membawa turun air yang ditampung dalam kolam renang alami seluas 30 meter persegi yang diisi dengan alga dan sungai udang. Airnya sangat menyegarkan dan ini bisa Anda nikmati tanpa banyak gangguan orang lain.

0 comments:

Posting Komentar